E-Commerce (Electronic Commerce).
Apa yang dimaksud E-commerce? E-commerce
adalah electronic commerce, merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis
yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk
melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan pertukaran informasi
melalui internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Kegiatan
e-commerce ini merupakan aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang
berhubungan dengan transaksi komersial, misalnya: transfer dana secara
elektronik, SCM (supply chain management), pertukaran data elektronik
(electronic data interchange /EDI), pemasaran online (online marketing), atau
e-pemasaran (e-marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction
processing), dll.
Pada umumnya pengunjung Website dapat
melihat barang atau produk yang dijual secara online (24 jam sehari) serta
dapat melakukan correspondence dengan pihak penjual atau pemilik website yang
dilakukan melalui email. Dalam prakteknya, berbelanja di web memerlukan koneksi
ke internet dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman, seperti
Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Microsoft dan Netscape,
bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit (Visa dan MasterCard), serta
perusahaan-perusahaan internet security (seperti VeriSign), telah membuat
standar enkripsi khusus yang membuat transaksi melalui web menjadi sangat aman.
Bahkan, Visa dan MasterCard menyediakan jaminan keamanan 100% kepada pengguna
credit cardnya yang menggunakan e-com.
Didalam dunia E-Commerce pasti terdapat
dampak positif dan negatifnya.
Dampak positifnya, yaitu :
1.
Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang
tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
2. Dapat meningkatkan market exposure
(pangsa pasar).
3. Menurunkan biaya
operasional(operating cost).
4. Melebarkan jangkauan (global
reach).
5. Meningkatkan customer loyality.
6. Meningkatkan supplier management.
7. Memperpendek waktu produksi.
8. Meningkatkan value chain (mata
rantai pendapatan).
Dampak negatifnya, yaitu :
1.
Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer
uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data
finansial yang ada.
2.
Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap
semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat
mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
3.
Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat
kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
4.
Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang
hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan
sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
5.
Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor
seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha
menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
6. Kerugian yang tidak
terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja,
ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia,
kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.
E-Business (Electronic
Business).
Yang dimaksud dengan Electronic
Business atau E-Business adalah suatu kegiatan transaksi,
jual-beli, bisnis yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau dengan
internet sehingga perusahaan dapat langsung berinteraksi dengan costumer,
supplier maupun rekan bisnis. Atau arti yang lebih singkat dari e-business
yaitu penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus
mengelola bisnisnya sehingga dapat memperoleh keuntungan. Teknologi
Informasi dan Komunikasi pada e-business digunakan untuk meningkatkan bisnis
perusahaan yang mencangkup semua aspek yang berorientasi pada profit maupun
nonprofit suatu perusahaan.
E-business dapat dikatakan juga sebagai iklan supaya para
konsumen dapat membeli produk-produk perusahaan. Sehingga e-business sangat
berguna bagi e-comerce, karena fungsi dari e-business yaitu untuk
mendukung bagian-bagian pada perusahaan seperti bagian prroduksi, finance,
marketing dll. Jadi perusahaan akan menggunakan Teknologi Informasi dan
Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga mendapatkan
keuntungan.
Keuntungan yang bisa di dapatkan dari e-business
Beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan dari
e-business, yang diantaranya seperti:
- Memperluas pasar, dengan
e-business perusahaan atau pembisnis dapat memperluas pasarnya sehingga
dapat memasuki pasar nasional maupun internasional, sehingga pembisnis
dapat menjangkau banyak pelanggan.
- Menekan biaya telekomunikasi
dan waktu transaksi serta penerimaan produk.
- Konsumen dapat melihat barang,
spesifikasi dan informasi lainnya melalui internet sehingga tidak perlu
repot-repot harus mendatangi penjual.
- Meningkatkan citra yang baik di
mata para konsumen tentunya dengan pelayanan yang baik juga, sebab dengan
media internet informasi dapat dengan cepat tersebar. Dan masih banyak
lagi keuntungan yang lainnya.
Kelebihan yang dimiliki oleh
e-business, yang diantaranya sebagai berikut:
a. Akses yang mudah
b. Lebih tepat sasaran
c. Menghemat waktu
d. Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar
c. Menghemat waktu
d. Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar
Kelemahan
yang dimiliki oleh e-business, yang diantaranya sebagai berikut:
a.
Tidak adanya pertemuan secara langsung dengan konsumen maupun
sebaliknya
b.
Beresiko terjadinya penipuan
c. Kegiatan dan sasarannya
SEO (Search Engine
Optimization).
SEO
atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah
suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada
halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo.
Pengertian dari SEO
juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi
suatu halaman website/blog agar berada pada halaman/posisi satu di search
engine dengan kata kunci yang ditarget.
Keuntungan Melakukan
SEO
Banyak sekali
keuntungan dari melakukan SEO yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu,
diantaranya yaitu :
1.
Mendatangkan Traffic yang Banyak
Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada
halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang
sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data
hasil pencarian dari Google Planner.
2.
Meningkatkan Penjualan
Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang
seperti lazada.co.id yang
menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari
di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1,
maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.
3.
Meningkatkan Daya Saing
4.
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika
posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan
lebih tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang tidak saya
sebutkan semua, karena saya yakin dengan 3 hal diatas saja pasti anda sudah mengerti
mengenai keuntungan SEO.
On Page SEO
Mendengar kata diatas
pastinya sudah tidak asing lagi bagi para pakar seo, namun akan asing sekali
untuk para pemula di dunia seo. On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi
halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget
kedalamnya. Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs anda akan lebih dinilai
relevan oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit
backlink bisa dipastikan akan mudah ranking #1 Google.
Berikut dasar yang harus
diterapkan dalam on page seo :
1. Title Tag
2. Meta Description
3. URL
4. Heading (h1, h2, h3, h4)
5. Image & Image ALt Tag
6. Link to Site Authority
2. Meta Description
3. URL
4. Heading (h1, h2, h3, h4)
5. Image & Image ALt Tag
6. Link to Site Authority
Tittle Tag
Title Tag itu sama seperti judul
pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena umumnya title tag ini dibaca
oleh search engine, jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul
posting maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul
posting tersebut. Berikut gambar contoh title tag.
Meta Description
Meta descriptions adalah
keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan anda,
agar meta description terlihat menggoda dan menarik trafik anda perlu memodifikasinya
dengan menggunakan plugin SEO by Yoast seperti yang sudah saya jelaskan
diatas.
URL
URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah
rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk
menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet, itu
menurut wikipedia anda dapat membacanya disini.
kalau menurut saya simpel saja URL yaitu rangkaian huruf
yang membentuk sebuah link yang menuju suatu halaman situs, contoh “http://www.rudinazar.com/cara-riset-keyword/”
jadi URL ini sangat berpengaruh pada Search Engine Optimization.
Heading
Heading adalah sekumpulan kata yang menjadi judul atau
sub-judul dalam sebuah dokumen html. Heading berbeda dengan tag
<
title >
.
Html menyediakan enam tingkatan heading, dimana heading
level 1 (
< h1 >
) adalah yang
terbesar, biasa berada di judul posting, dan heading level 6 (<
h6 >
) adalah yang terkecil.
Link to Authority Site
Apa itu Link to authority site? yaitu merupakan sebuah
posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs – situs terpercaya / yang
dipercayai google seperti yotube, wikipedia, facebook dan
masih banyak lagi.
Bagaimana cara mengetahui
situs yang dipercayai google? anda dapat melihatnya dari Page Rank (PR) situs
tersebut jika page rank suatu situs lebih dari 7 maka bisa dikatakan situs
tersebut sudah dipercayai google ( Authority Site ).
- http://www.contohsurat.co.id/2017/01/pengertian-e-commerce.html
- http://www.pengertianku.net/2016/06/pengertian-e-business-dan-contohnya.html
- http://semseomanagement.com/apa-itu-seo/
- http://www.rudinazar.com/apa-itu-seo/
- http://www.rudinazar.com/apa-itu-seo/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar